Prosedur Keberatan atas Permintaan Informasi

A. Syarat dan Prosedur Pengajuan

  1. Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan
    sebagai berikut:
    a. Adanya penolakan atas permohonan informasi;
    b. Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala
    sebagaimana dimaksud dalam bagian II. A;
    c. Tidak ditanggapinya permohonan informasi;
    d. Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
    e. Tidak dipenuhinya permohonan informasi;
    f. Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
    g. Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.
  2. Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh
    Pemohon atau kuasanya.
    B. Registrasi
  3. Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk
    diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan (Format Formulir Keberatan
    dalam Lampiran IX).
  4. Petugas Informasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai
    tanda terima pengajuan keberatan.
  5. Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register
    Keberatan (Format Register Keberatan dalam Lampiran X) dan meneruskannya
    kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambatlambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.
    C. Tanggapan Atas Keberatan
  6. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis
    yang disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID
    selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari sejak dicatatnya
    pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.
  7. Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat :
    a. Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan;
    19
    b. Nomor surat tanggapan atas keberatan;
    c. Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang
    berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut:
    (i) Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbangan
    yang jelas;
    (ii) Membatalkan putusan PPID dan/atau memerintahkan PPID untuk
    memberikan sebagian atau seluruh informasi yang diminta kepada
    Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat
    belas) hari kerja;
    (iii) Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam
    memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Undang-undang dan
    peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14
    (empat belas) hari kerja;
    (iv) Menetapkan biaya yang wajar yang dapat dikenakan kepada pemohon
    informasi (Format Surat Tanggapan Atas Keberatan dalam Lampiran XI).
  8. Petugas Informasi menyampaikan atau mengirimkan keputusan Atasan PPID
    kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari
    kerja sejak menerima tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID
    serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung.
  9. Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan
    atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi
    kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak
    diterimanya keputusan atasan PPID.