Mediasi Berhasil Perkara Harta Bersama Berakhir Dengan Damai

SAMPIT. 9-11-2022. Perdamaian merupakan sebuah langkah paling utama untuk mengakhiri sebuah sengketa maupun perkara. Sebagaimana diketahui bersama tahap mediasi adalah upaya maksimal mediator untuk berusaha mendamaikan pihak yang bersengketa/berperkara diluar persidangan.

Hal itu selaras dengan potongan ayat di Al-Qur’an yang berbunyi: “….. Perdamaian itu lebih baik (bagi mereka) …..”

Ketua Pengadilan Agama Sampit YM. Indra Purnama Putra, S.H.I, S.H dan Panitera Pengadilan Agama Sampit YTH. Muhammad Ihkwan, SAg., S.H., M.H. berhasil mendamaikan para pihak yang sedang berperkara dalam gugatan perdata tentang Gugatan Harta Gono Gini/Harta Bersama dengan  register perkara Putusan Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya Nomor 12/Pdt.G/2022/PA.Spt dan Putusan Pengadilan Agama Sampit Nomor 187/Pdt.G/2022/PA.Spt . selanjutnya

Gugatan harta bersama tersebut diajukan oleh Penggugat terhadap mantan istrinya sebagai Tergugat. Oleh karena pembagian harta tidak dapat dimusyawarahkan, mantan suami kemudian melayangkan gugatan pada Pengadilan Agama Sampit tertanggal 31 Mei 2022 dengan obyek sengketa mecapai ratusan juta rupiah. Di dalamnya termasuk benda tidak bergerak seperti tanah.

Dengan kesabaran dari Ketua Pengadilan Agama Sampit yang telah memiliki jam terbang yang banyak serta menyampaikan dengan penuh lemah lembut dengan ditambah sentuhan agama yang dimiliki oleh beliau akhirnya meluluhkan hati Penggugat dan Tergugat. Selanjutnya mereka sepakat untuk mengakhiri sengketa dengan jalan damai dengan menghasilkan kesepekatan perdamaian yang telah disepakati dan ditandatangi oleh para pihak dihadapan para kuasa hukum masing-masing, dan isi kesepakatan tersebut akan kembali diserahkan kepada majelis hakim yang menangani perkara tersebut untuk dibuatkan akta perdamaian. Keberhasilan mediasi tersebut merupakan yang kesekian kalinya di Pengadilan Agama Sampit untuk tahun ini  mudah-mudahan keberhasilan mediasi ini akan terus menjadi penyemangat dan motivasi  di lingkungan Pengadilan Agama Sampit untuk membantu para pihak sehingga perkara yang diajukan para pihak berakhir dengan damai.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.