Sita Jaminan Tanah dan Bangunan di Mentawa Baru Ketapang

Berdasarkan perintah majelis hakim dalam Putusan Sela tertanggal 30 Mei 2018, dalam perkara No. 0737/Pdt.G/Pa.Spt, Budi Anshori,SE selaku Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Sampit melakukan penyitaan (Sita Jaminan – conservatoir Beslag) terhadap 2 bidang tanah dan bangunan yang berada di atasnya yang terletak di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur pada hari Senin tanggal 7 Mei 2018. Acara penyitaan dilakukan di depan Penggugat dan Tergugat dan disaksikan oleh 2 orang saksi yang terdiri dari Muhamad Nor Kifli, S.H.I. (PNS/28 tahun) dan Apriansyah,SH. (PNS/30 tahun).

Tim dari Pengadilan Agama Sampit yang terdiri dari 4 orang terdiri dari Panitera dan 3 orang Jurusita Pengganti tiba di lokasi pada pukul 09.00 WiB dan langsung bertemu dengan pihak penggugat. Setelah melakukan koordinasi dengan Penggugat dan Tergugat, Jurusita langsung melakukan pemasangan banner penyitaan tanah dan bangunan yang dikuasai oleh penggugat.

Terdapat 2 tanah dan bangunan yang disita, antara lain:

  1. Sebidang tanah dan rumah yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 1 RT.10 RW. 03 Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, dengan SHM No. 00803 dengan luas 302M².
  2. Sebidang tanah dan bangunan barak 8 pintu yang terletak di Jalan Iskandar 27 RT. 10 RW. 03 Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin timur dengan SHM No. 00801 dengan luas 420M².

Akibat hukum dari penyitaan tersebut adalah bahwa Tanah dan Bangunan yang disita tidak boleh dipindahtangankan kepemilikannya dan atau dihilangkan dari penguasaan baik melalui jual beli dan atau sebagainya.

Setelah acara penyitaan berlangsung, berita acara penyitaan ditandatangani oleh semua pihak baik oleh Jurusita Pengganti, saksi maupun para pihak (penggugat dan tergugat) dan dilanjutkan dengan penyerahan berita acara pada masing-masing pihak.

 

Acara penyitaan berjalan lancar tanpa ada gangguan dan hambatan dari pihak manapun sehingga tim Jurusita Pengganti dapat melaksanakan tugas dengan baik.

About The Author

Calon Hakim-Aktualisasi PTIP

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *