Sidang Keliling di Katingan Hilir

Melalui Surat Keputusan Wakil Ketua Pengadilan Agama Sampit No. W16-A3/547/HK.055/III/2018 tentang Tim Sidang di Luar Gedung Pengadilan Agama Sampit di Kecamatan KAtingan Hilir Kabupaten Katingan, 8 orang tim melaksanakan kegiatan siding keliling yang dilaksanakan pada hari kamis, 12 April 2018.di KUA Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Tim ini terdiri dari 3 hakim ( terdiri dari 1 ketua majelis dan 2 hakim anggota), 1 hakim mediator, 2 panitera pengganti dan 2 petugas administrasi. Majelis hakim terdiri dari Abdul Rahman S.Ag sebagai Ketua Majelis didampingi Riduan S.Ag dan Miftahul Arwani S.H.I.  sebagai Hakim Anggota. Majelis hakim dibantu oleh  2 orang panitera pengganti yang terdiri dari Pahrudin S.Ag. dan Dwi Purwatiningsih dan dibantu pula oleh 2 orang petugas administrasi yang terdiri dari Arie Widyasari SH. Dan Sigit Purnomo, S.Kom. Sebelum masuk dalam proses persidangan, para pihak yang berperkara melaksanakan mediasi yang difasilitasi oleh Mursidah, S.Ag. sebagai hakim mediator.

Tim tiba di KUA Katingan Hilir pada pukul 10.00 dan kemudian langsung melaksanakan tugas memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat Katingan Hilir yang mendaftarkan perkaranya. Pelayanan hokum yang berlangsung hingga sekitar 7 jam ini terdiri dari pelayanan hokum permohonan dan gugatan. Ada 12 permohonan dan 5 gugatan yang diperiksa oleh hakim. Permohonan terdiri dari 11 permohonan itsbat nikah dan 1 permohonan perubahan biodata buku nikah, sedangkan untuk gugatan terdiri dari 5 gugatan perceraian. Dari 11 permohonan, 9 kasus dikabulkan dan 2 kasus ditolak oleh majelis hakim. Sedangkan untuk kasus gugatan, selesai pada hari itu juga dengan putusan dikabulkan.

Acara persidangan diagendakan selesai jam 16.00, namun karena ada kendala berupa pihak yang tidak hadir saat dipanggil akhirnya memaksa majelis hakim dan tim untuk menunggu sehingga siding berakhir pada pukul 17.00 WIB.

About The Author

Calon Hakim-Aktualisasi PTIP

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *