Rapat Koordinasi Bulanan, Sosialisasi Hasil SAPM dan Sosialisasi E-Court

Tepat pada pukul 08.00 pada hari Kamis, 2 Agustus 2018, acara rapat koordinasi dilaksanakan oleh seluruh hakim dan pegawai di Pengadilan Agama Sampit. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam dan dihadiri oleh sebagian besar hakim dan pegawai Pengadilan Agama Sampit. Kegiatan dimulai dengan penyampaian hasil Sosialisasi Mahkamah Agung mengenai Sertifikasi Akreditasi dan Penjaminan Mutu yang dilaksanakan di Balikpapan pertengahan bulan lalu.

Sertifikasi Akreditasi yang telah dilaksanakan pada bulan April 2018 membuahkan hasil yang memuaskan dengan nilai A. Wakil Ketua Pengadilan Agama Sampit, Bapak Nurhadi, S.H.I. menegaskan bahwa predikat A yang telah didapatkan hanyalah awal dan akan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, sehingga predikat ini hendaknya tidak hanya sebatas nilai dan harus bisa dibuktikan melalui pelayanan yang prima dan kualitas putusan yang mampu memenuhi rasa keadilan bagi para pihak.

Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam SAPM  selanjutnya dan harus dipersiapkan dari sekarang, yakni program E-Court (Pengadilan Elektronik) dan program One Day Minutes (Minutasi dalam sehari). Program E-Court merupakan Program baru yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung dalam bentuk optimalisasi penggunaan sarana teknologi informasi oleh pengadilan dalam menjalankan administrasi perkara. Sebagaimana kemudian dijelaskan oleh Bapak M. NorKifli, S.H.I., Program E-Court terdiri dari E-Filling, E-Payment dan E-Summons, yaitu Pendaftaran perkara, pembayaran panjar perkara dan panggilan kepada para pihak yang dilakukan melalui media telekomunikasi elektronik. Program ini ditargetkan sudah bisa diterapkan di seluruh pengadilan pasca 1 tahun semenjak Perma No. 3 Tahun 2018 diterbitkan pada 29 Maret 2018 lalu.

Selain Bapak Wakil Ketua, diberikan pula waktu bagi Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Sampit untuk menyampaikan beberapa tambahan-tambahan informasi dan evaluasi yang menjadi bagian dari kewenangannya. Sebelum acara ditutup, seluruh hakim dan pegawai diberikan kesempatan untuk bertanya, memberikan kritik dan saran serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas kerja ASN di Pengadilan Agama Sampit

About The Author

Calon Hakim-Aktualisasi PTIP

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *