Panitera PA Sampit Mengikuti Bimtek Penanganan Permasalahan WNI Di Luar Negeri

Sampit | www.pa-sampit.go.id

Berdasarkan Surat Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor: 5485/DjA/PP.00.3/XI/ tanggal 08 November 2019 Perihal Penugasan Peserta Bimbingan Teknis Penanganan Permasalahan WNI Di Luar Negeri Untuk Pemangku Kepentingan Di Daerah dan Surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalteng Nomor: W16-A/1439/PP.00.3/XI/2019 tanggal 12 November 2019 perihal Undangan Bimbingan Teknis, maka dari Pengadilan Agama Sampit yang ditugaskan untuk mengikuti kegiatan tersebut adalah Panitera Pengadilan Agama Sampit Frislyasi, S.H.I., yang bertempat di Swiss Bel Hotel, Balikpapan Ocean Square Jalan Jenderal Sudirman Klandasan Ilir  Kota Balikpapan pada tanggal 17 s.d. 22 November 2019.

Pelaksana kegiatan tersebut adalah Direktorat Perlindungan WNI dan BHI, Sekretariat Jenderal Protokol dan Konsuler  Kementerian Luar Negeri RI yang bekerja sama dengan sejumlah instansi lainnya yang relevan di bidang perlindungan dan penanganan permasalahan WNI/PMI di luar negeri.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh instansi yang terkait dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman dan bimbingan teknis kepada petugas lapangan dalam hal penyelesaian penanganan permasalahan WNI di luar negeri seperti pembuatan Fatwa Waris, Fatwa Wali, penelusuran alamat dan keluarga WNI, penanganan pemulangan jenazah WNI, serta pengurusan dokumen klaim asuransi WNI/PMI.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan diskusi dan sharing best practices penanganan kasus di daerah termasuk upaya pencegahan munculnya masalah bagi WNI di luar negeri. Bentuk kegiatan berupa seminar, presentasi dan diskusi, diskusi kelompok serta konsultasi. (Tim Redaksi PA Sampit)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *