Khataman Qur’an dan Buka Puasa Bersama Keluarga Pengadilan Agama Sampit

Pasca pelaksanaan dan penutupan SAPM Pengadilan Agama Sampit pada Sabtu, 26 Mei 2018, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan, Keluarga Pengadilan Agama SAmpit mengadakan acara Khataman Qur’an yang digelar di Aula Pengadilan Agama Sampit. Acara khataman dimulai pada pukul 16.30 WIB dengan pembacaan surat-surat Juz 30 yang dibacakan secara bergilir. Acara khataman dipimpin oleh salah seorang Hakim Pengadilan Agama Sampit, Bapak Firman Wahyudi, S.H.I. dan kemudian ditutup dengan doa khatmil Qur’an oleh salah seorang CPNS Calon Hakim yang hafal Qur’an (hafidz Qur’an) saudara Mufti Hasan, S.Sy.

Sebelumnya, tadarus al-Quran dilakukan dengan pembagian juz kepada 29 orang dimana masing-masing orang mendapatkan bagian 1 juz. Pembagian ini dikordinir oleh CPNS calon Hakim, Dedi Jamaludin Lc, yang mempunyai program yang berfokus pada pemakmuran mushalla Pengadilan Agama Sampit.

Kegiatan Khatmul Qur’an berakhir tepat 10 menit sebelum adzan maghrib berkumandang. Sambil menunggu adzan maghrib, seluruh keluarga Pengadilan Agama Sampit mendengarkan Tausiyah dari Ustadz Mufti Hasan S.Sy yang menyampaikan urgensi, kaifiyah dan keutamaan orang yang membaca, menghafal dan atau mengamalkan al-Qur’an.

Buka Puasa Bersama diawali dengan menikmati teh hangat dan makanan ringan yang manis, dilanjutkan shalat maghrib berjamaah. Hingga di penghujung acara, acara makan-makan dengan menu yang sederhana namun nikmat melepaskan rasa lapar dan dahaga yang seharian dirasakan.

 

 

Tidak berlangsung lama, kegiatan buka puasa bersama ini berakhir pada pukul 19.00 WIB dan kemudian seluruh keluarga pengadilan Agama Sampit pulang ke rumah masing-masing untuk bersiap-siap melaksanakan shalat tarawih.

About The Author

Calon Hakim-Aktualisasi PTIP

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *