Ketua dan Sekretaris PA Sampit Mengikuti Acara Pembekalan Zona Integritas di Badilag

Sampit | www.pa-sampit.go.id

Senin, 08 Juli 2019 pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Lt. 12 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI Ketua PA Sampit Norhadi, S.H.I. dan Sekretaris Isnaniyah,  S.Ag. menghadiri Acara Pembekalan dalam rangka reviu Tim Penilai Nasional Kemenpan RB, berdasarkan Surat Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI Nomor: 3283/DJA.3/HM.01/VII/2019 tanggal 4 Juli 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 57 unit kerja yang berasal dari Peradilan Agama yang termasuk dalam usulan unit kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di lingkungan Mahkamah Agung RI yang akan direviu oleh Tim Penilai Nasional berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 759/SEK/OT.01.1/6/2019 tanggal 11 Juni 2019 Hal Pengajuan Unit Kerja Berpredikat Menuju WBK di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun 2019, yang termasuk salah satunya Pengadilan Agama Sampit, satu-satunya Pengadilan Agama yang ada di wilayah PTA Kalimantan Tengah yang masuk dalam usulan tersebut bersama-sama dengan PTA Kalteng, karena beberapa waktu yang lalu PA Sampit telah dinilai oleh Tim Penilai Internal dari Badan Pengawas Mahkamah Agung RI dengan nilai 91,80.

Acara Pembekalan dibuka secara langsung oleh Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., beliau juga memberikan materi tentang Zona Integritas, antara lain tentang Pengertian Zona Integritas,  Dasar Hukum Zona Integritas, Tujuan Zona Integritas, Komponen yang harus dibangun dalam Zona Integritas, Indikator Pengungkit dan Hasil, Terakhir beliau mengutip apa yang dikatakan oleh Khalifah Umar Bin Khattab “Persamakanlah kedudukan manusia itu dalam pandanganmu, majlismu dan keputusanmu, sehingga orang yang lemah tidak berputus asa dari keadilanmu, sebaliknya orang memiliki kedudukan tinggi tidak dapat menarikmu kepada kecurangan.”

Selanjutnya Materi yang disampaikan oleh Dr. H. Suhadak, S.H., M.H. Hakim Tinggi PTA Manado, beliau adalah mantan Ketua PA Surabaya yang telah mengantarkan PA Surabaya sukses berpredikat WBK dan WBBM. Beliau menyampaikan materi tentang Strategi Implementasi Pembangunan ZI Persiapan Reviu Tim Penilai Nasional Peradilan Agama Se-Indonesia.

Kemudian perwakilan dari Kemenpan RB, yang menyampaikan Materi tentang Reformasi Birokrasi Menuju World Class Bureaucracy.

Pada kesempatan itu pula diberikan waktu kepada Tim ZI dari PA Mojokerto yang meraih nilai paling tinggi di lingkungan Peradilan Agama yaitu 96,34 untuk mempresentasikan tentang langkah-langkah membangun Zona Integritas di PA Mojokerto. (Tim Redaksi PA Sampit)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *