Ini Dia “Role Model” Pengadilan Agama Sampit Tahun 2020


Sampit | www.pa-sampit.go.id
Setelah sebelumnya dilaksanakan Rapat Tim Penilai Role Model yang diketuai oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sampit Dr. Muhammad Kastalani, S.H.I., M.H.I. yang beranggotakan Suwarlan, S.H. (Hakim), Frislyasi, S.H.I. (Panitera) dan Isnaniyah, S.Ag. (Sekretaris), maka diterbitkanlah Keputusan Ketua Pengadilan Agama Sampit Nomor: W16-A3/459/KP.05.8/III/2020 tanggal 31 Maret 2020 Perihal Penetapan Role Model pada Pengadilan Agama Sampit, telah ditetapkan bahwa yang menjadi Role Model Pengadilan Agama Sampit tahun 2020 adalah dari Hakim Ahmad Muhtar, S.H.I. dan dari Pegawai Husaini, S.H.I. Panitera Pengganti Pengadilan Agama Sampit. Dan pada hari Senin 06 April 2020 selesai Apel Senin pagi telah diserahkan Piagam Penghargaan dan Selempang sebagai Role Model kepada yang bersangkutan.
Tujuan pemilihan dan penetapan Role Model yaitu mengefektifkan pelaksanaan program pengembangan perilaku dan budaya kerja dalam bidang Kejujuran, Perilaku dan Disiplin dan dalam rangka meningkatkan kinerja serta memberikan reward/penghargaan kepada ASN Pengadilan Agama Sampit.


Pengertian Role Model menurut Britannica Encyclopedia adalah “a person whose behavior in a particular role is imitated by others”. Pengadilan Agama Sampit ingin untuk terlaksananya tugas-tugas pokok dengan baik dan mampu mencetak baik sebagai kader-kader pimpinan maupun pegawai yang baik dan berkualitas, perlu membuat dan menilai serta menentukan dalam setiap tahun dalam kriteria role model tersebut.
Pengadilan Agama Sampit telah menetapkan Kriteria Penilaian Role Model, yaitu:
1. Berstatus sebagai ASN;
2. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin pegawai;
3. Bertanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya;
4. Taat aturan disiplin dan kode etik pegawai/hakim serta konsisten terhadap penegakan aturan disiplin dan kode etik;
5. Mampu memberikan pengaruh positif bagi lingkungan organisasi;
6. Inovatif dan proaktif terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi serta upaya peningkatan kualitas reformasi birokrasi;
Hakim dan Pegawai yang ditetapkan sebagai Role Model bertanggungjawab untuk selalu mempromosikan dan menjalankan keteladanan mengenai peran tertentu yang berhubungan dengan pelaksanaan peran, tugas dan fungsi yang menjadi tanggungjawabnya. (Tim Redaksi PA Sampit)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *