Habituasi Calon Hakim MA RI 2018 di PA Sampit

Pengadilan Agama Sampit menjadi salah satu lokasi habituasi CPNS/Calon Hakim Mahkamah Agung RI dalam kurun waktu 3 bulan ke depan.  Tujuan dari kegiatan habituasi adalah penyesuaian bagi para calon hakim dalam menghadapi kultur dunia kerja di pengadilan. Selain itu, kegiatan habituasi ini juga berisi agenda aktualisasi dari proses Latihan Dasar yang telah dilaksanakan sebelumnya di Balai Diklat Keagamaan Surabaya dari tanggal 26 Februari hingga 30 Maret 2018.

Peserta habituasi yang terdiri 11 dari calon hakim dari lingkungan peradilan agama tiba di Bandara H. Asan Sampit pada 2 gelombang. Gelombang pertama pada hari Jumat (30/3) dan hari Minggu (1/4). Calon Hakim terdiri dari 2 orang penempatan PA Sampit, 4 orang penempatan PA Kuala Pembuang dan 5 orang penempatan PA Kasongan. Namun mengingat belum diresmikannya PA Kuala Pembang dan PA Kasongan, semua calon hakim melaksanakan kegiatan habituasi di PA Sampit.

Agenda aktualisasi sendiri merupakan bagian dari habituasi sebagai salah satu kurikulum Latihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diatur dalam Peraturan Kepala Administrasi Negara (Perkalan) No. 25 Tahun 2017 dengan tujuan pokok penanaman dan penerapan nilai-nilai dasar PNS serta pengamalan dari peran PNS dalam NKRI yang merupakan kurikulum utama dari Kegiatan Latsar. Aktualisasi dilaksanakan dalam bentuk program kerja yang telah dirancang dan diujikan di tempat Latsar dan kemudian direalisasikan di satuan kerja. Agenda habituasi dimulai dengan pembukaan pada saat apel pagi dan pembagian tugas di hari senin (2/4) dan dilanjutkan dengan orientasi peserta pada hari selasa (3/4).

Tujuan dari kegiatan aktualisasi ini adalah terealisasinya program kerja yang diharapkan mampu meningkatkan pelayanan publik dan kinerja ASN di PA Sampit melalui program-program yang kreatif dan inovatif.

About The Author

Calon Hakim-Aktualisasi PTIP

Related posts

1 Comment

  1. Rames Yasa

    Manstap… hobi anda akhirnya tersalurkan lewat wadahnya. Teruslah berkarya dibidang yang anda senangi dan lakoni sekarang. Barokallohufikum

    Reply

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *